Tuesday 16 June 2015

Kurikulum Bahasa Inggris untuk TK dan SD di Bogor

Bahasa Inggris untuk TK

Kurikulum Bahasa Inggris di Bogor yang dulu pernah diterapkan di tingkat pendidikan sekolah dasar dinilai kurang tepat aplikasinya karena dinilai masih belum perlu diberikan kepada siswa-siswa tingkat sekolah dasar. 
Sebagian besar pengamat pendidikan berpendapat bahwa pelajaran Bahasa Inggris boleh diberikan pada para siswa SD namun hanya sebagai materi pilihan saja. Maksudnya adalah pelajaran Bahasa Inggris termasuk mata pelajaran yang tidak diujikan dan tidak masuk sebagai daftar mata pelajaran yang harus memenuhi standard nilai sebagai syarat kelulusan. 
Meski sudah dihapuskan, masih banyak pihak yang pro dan kontra akan penghapusan kurikulum pelajaran Bahasa Inggris.
Menurut pihak yang kontra, kemampuan siswa SD dapat terganggu karena siswa harus mempelajari 3 jenis bahasa sekaligus, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, dan Bahasa Inggris. Sangat dikhawatirkan jika para siswa ini nantinya akan mengalami kebingungan dalam penggunaan bahasa.  

 baca juga;
Kekhawatiran lainnya yaitu Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional akan tergusur oleh Bahasa Inggris yang notabene adalah bahasa internasional.
Berbeda dengan pihak yang kontra, sebagian besar masyarakat yang mendukung adanya penerapan kurikulum mata pelajaran BahasaInggris mengatakan bahwa Bahasa Inggris sebaiknya diberikan pada siswa sekolah formal jenjang dasar (SD). 
Bahkan kini sudah banyak sekolah-sekolah khusus yang jenjang pendidikannya di bawah jenjang pedidikan sekolah dasar telah menjadikan Bahasa Inggris sebagai salah satu materi yang diajarkan. Lihat saja para siswa pre-school, Taman Kanak-Kanak, Paud, kelas toddler, dan kelompok bermain di Bogor sudah mulai mengenal materi-materi sederhana Bahasa Inggris.

Bahasa Pengantar Kelompok Bermain 

Kelompok bermain Bahasa Inggris, contohnya, menggunakan bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa pengantar di lingkungan sekolah. Hanya saja penggunaannya hanya sewajarnya karena harus disesuaikan dengan kapasitas para siswa yang notabene masih anak-anak. 
Mungkin penggunaan Bahasa Inggris di lingkungan sekolah khusus seperti kelompok bermain lebih tepat sebagai ajang pengenalan Bahasa Inggris. 

Tujuan diberikan materi pengenalan bahasa Inggris adalah agar anak-anak menyukai Bahasa Inggris dan akan jauh lebih mudah menerima materi Bahasa Inggris kelak jika sudah memasuki jenjang pendidikan formal seperti jenjang pendidikan sekolah dasar Bahasa Inggris

No comments:

Post a Comment