Tuesday 12 January 2016

Libur telah usai, masuk sekolah lagi ke James Pakuan School Tajur


Minggu pertama masuk sekolah


 
kursus di sekolah pelajaran tambahan sekolah tk bogor

Hai hai everyone, apa kabar? Sudah lama tidak menulis dan menceritakan semuanya selama liburan kira-kira 10 hari lamanya. Kalian liburan pada kemana nih? Pasti jalan-jalan dong yah bersama keluarga dan teman-teman.
Di hari senin minggu pertama ini kita semua masih memakai baju bebas tapi bebasnya yang sopan karena anak-anak belum pada masuk sekolah jadi kita belum memakai seragam, kita semua guru-guru lebih awal karena kita mempersiapkan bahan apa saja yang akan kita ajarkan untuk anak-anak besok.
Ke esokan hari pun telah datang kami semua guru-guru sangat semangat untuk mengajar. Kita pun menyambut anak-anak dengan penuh senyuman, ceria dan kita pun tidak lupa untuk bilang “Good Morning”. Kebetulan di hari pertama pembelajaran yang memimpin circle time itu saya sendiri, saya pun menanyakan tentang liburan mereka masing-masing. Kita kedatangan 2 murid baru loh.. mau tahu siapa saja? Pertama itu Michelle gadis imut cantik yang di kelas Playgroup, kedua Emily yang duduk di kelas Playgroup juga sama dengan Michelle yang diajar oleh Maam Intan, lalu ada yang laki-laki yaitu Anakin, Anakin duduk dikelas K-1 yang diajar oleh Maam Anne.
Saya bertanya kepada Aldi, Aldi pun menjawab kalo Aldi diam dirumah saja selama liburan hmmmm Aldi nonton film selama liburan. Saya juga bertanya kepada Charlene, Charlene menjawab kalau dia pergi jalan-jalan bersama keluarganya. Hampir seluruh murid-murid menjawab kalau mereka pergi jalan-jalan bersama keluarganya.
Di hari selasa itu kami hanya membuat New Year card dan menonton film tentang macam-macam buah-an. Di dalam card itu anak-anak menulis resolusi tentang mereka, ada yang menulis write neatly, read a story, keep healthy dan banyak lagi.

 Rabu yang cerah


Seperti biasanya pelajaran di hari rabu pertama yaitu kita belajar tentang agama, rabu ini yang ngajar agama adalah Maam Intan, Kami belajar tentang surat-surat pendek dan sedikit demi sedikit kami menghafalnya. Lalu kami melanjuti pelajaran Reading English dan English.
Kami hanya mengulang saja pelajaran yang ada di semester satu pada minggu ini dengan cara bermain game supaya pelajaran semester lalu tidak lupa. Walaupun kita baru masuk di minggu ini tapi pulang sekolah tetap saja jam 12.00 siang. Seharian ini kami belajar penuh canda tawa dan bermain eiiittttsss jangan salah maksudnya itu bermain sambil belajar.
Kami belajar tentang short “U” dan mencoba anak-anak membuat simple kalimat dari kata yang saya kasih kepada mereka. Charlene, Cheesya, Cherish, Justin R dengan cepatnya membuat simple kalimatnya itu. Ada juga murid-murid yang lama atau masih butuh bantuan untuk membuat kalimat.

Bermain sambil belajar


Kamis pun datang, saya sangat suka hari kamis.. tau tidak kenapa? Karena di hari kamis itu memakai baju bebas yaaaaa walaupun bebas tapi harus tetap sopan yah kan seorang guru harus mencerminkan yang baik-baik.
Kami pun memulai pelajaran pertama yaitu Math, saya mengulang pelajaran tentang “Numbers word” dari nomor 1-5 dengan cara bermain game. Gamenya itu saya menaruh semua angka 1 sampai 5 di atas meja lalu anak-anak harus mencari angka yang saya bilang tersebut, sesudah mendapatkannya mereka temple angka itu dibuku mereka masing-masing dan menulis pengejaan dari nomor tersebut. Hingga akhirnya yang menang adalah groupnya Matthew yang terdiri dari Matthew, Charlene, Berwyn, James dan Sabrina
Pelajaran kedua yaitu Reading English, kami masih belajar tentang short “U” kami menulis dan membaca semua short “U” yang ada di buku mereka (Raceway) hingga selesai. Dan pelajaran ketiga yaitu English, kami hanya mengulang pelajaran tentang These are/Those are. Saya pikir mereka sudah lupa taunya mereka tidak lupa wiiiihhhhh keren kalian nak!!

Jumat Berkah


Hari terakhir di minggu ini pun telah tiba yaitu hari Jumat hmmmm Jumat berkah.. semoga selalu diberkahi oleh yang maha kuasa.
Di hari jumat ini saya hanya mengajar 1 pelajaran yaitu Reading English hmmmm karena jam 09.30 nya saya harus mengajar agama di Elementary wiiihhh saya senang sekali soalnya saya boleh pake kerudung disaat mengajar pelajaran agama oleh Maam Widya.
Saya hanya mengajar Reading English saja, kami belajar tentang menyusun kata. Jadi itu saya udah acak kata di papan tulis dan anak-anak harus menyusun kata itu dengan benar dan rapi, yang bisa menyusun dan menulis kata itu dengan rapi anak-anak mendapatkan bintang.
Lalu pelajaran yang kedua itu adalah Art and Craft, kami membuat “Chef Junior” loh lucu dan bisa dikatakan bagus hasil karya-nya. Walaupun saya tidak mengajar di pelajaran itu tapi saya tahu bagaimana membuatnya.


Cara membuat Chef Junior
1.     Membuat lingkaran yang cukup besar (lingkaran ini untuk kepala)
2.     Warnai lingkaran itu dan beri mata
3.     Gunting kumis, tangan, piring yang sudah saya buat polanya
4.     Warnai kumis dan tangannya
5.     Gambar beberapa makanan di dalam piring itu
6.     Yang terakhir adalah tempel topi yang sudah saya buat
Dan hasil karya kita pun jadi deh yipiiiiiii~

No comments:

Post a Comment