Sunday 22 November 2015

Bahasa Indonesia? Belajar baca? Kindergarten-2 jagonya …..




cara membaca anak tk anak tk belajar belajar untuk anak
Maam Dayana Guru K2
Hello.. hayoo masih inget tidak hari ini siapa yang pimpin circle time????? Hehe tentu saja yang pimpin circle time saya sendiri untuk seminggu ini dan sebelum kita mulai belajar mengajar kita setiap hari Selasa dan Jum’at melakukan senam terlebih dahulu.

Senam itu termasuk dari circle time juga loh. Kita melakukan circle time bersama-sama dari Toddler, Playgroup, Kindergarten1 sampai Kindergarten2. Sesudah circle time dan senam selesai baru lah kita memasuki kelas masing-masing, tetapi sebelum masuk kelas masing-masing kita selalu membuat barisan dahulu.

Dan akhirnya Kindergarten-2 memasuki kelasnya beserta gurunya yaitu saya sendiri, kami berdoa terlebih dahulu sebelum memulai belajar mengajar dan yang memimpin do’a pagi sekarang adalah Charlene, Charlene mencoba untuk memimpin do’a walaupun Charlene lupa tapi tetap saya bantu kok ....yah.... semangat Charlene!

Sesudah berdo’a saya pun mengabsen murid-murid Kindergarten-2 dan seperti biasa kami pun bernyanyi “Days of the week” pelajaran K-2 hari ini adalah Indonesian, Math, Science.

belajar buat anak kapan anak belajar membaca
Pelajaran pertama pun adalah Indonesian kami belajar tentang “melengkapi kalimat” sebelum saya memulai pelajaran saya memberikan lollipop kepada murid-murid sebagai tanda mereka harus terus semangat ke sekolah dan disini saya suruh anak-anak untuk baca terlebih dahulu apa yang saya tulis di papan tulis.

Mereka membacanya bersama-sama dan mereka sudah membacanya mereka pun harus menjawab titik-titik yang ada di soal tersebut. Soal itu tidak banyak cuma 7 soal saja, murid yang pertama selesai yaitu Cheesya. Cheesya
membaca tk permainan anak usia dini belajar membaca untuk tk
memang murid yang sangat cepat dalam mengerjakan soal dan murid yang termasuk ke dalam murid yang pintar juga hehe.

Sesudah Cheesya selesai Cherish pun menyusulnya mereka mendapatkan score 100 dalam mengerjakan soal tersebut murid-murid yang lain pun ingin cepat selesai seperti mereka, lalu murid-murid pun menulis dan mengerjakannya dengan cepat tetapi walaupun cepat harus teliti yah nak! Hehe

metode belajar anak tk membaca anak tk belajar untuk anak belajar membaca kata
Beberapa murid ada yang tidak selesai di karenakan mengobrol saja dengan temannya tetapi saya jadikan soal itu sebagai homework mereka untuk dirumah, yang sudah selesai juga itu termasuk homework soalnya mereka harus membacanya lagi dirumah.

Jam pun menunjukka pukul 10.00 wib itu tandanya .........It’s time to eat yipiiiiiiii are you hungry nak? Yeeaaahhhh they’re hungry hehe mereka pun bergegas untuk mencuci tangan mereka masing-masing sesuai dengan group mereka masing-masing.

Sesudah itu yang memimpin do’a makan saya sendiri. Happy eating guys hehe
Menu hari ini adalah Nasi yang ada rasanya gitu hehe saya tidak tahu apayah namanya????? Ahahahaha telur dan kerupuk.. sepertinya mereka menyukainya soalnya di piring mereka masing-masing pada bersih loh hehe seperti biasanya sesudah mereka makan mereka diperbolehkan bermain. Hari ini kami bermain Hide and Seek lagi loh pokonya seru deh ahahahaha.

Jam istirahat pun telah usai kita pun memasuki kelas maisng-masing lagi dan K-2
belajar membaca kata cara membaca anak cara belajar
melanjutkan pelajaran selanjutnya yaitu Math kami belajar tentang “Long/Short” long itu artinya panjang dan short itu artinya pendek dan disini kami belajar dengan the real things saya menunjukkan kepada mereka mana benda yang long dan mana benda yang short.

anak anak belajar  cara mengajari anak tk membaca buku
Kami bermain game tentang long dan short bagi yang bisa menjawab saya akan memberi bintang untuk mereka. Semua murid pun menjawabnya dengan benar dan tepat. Pelajaran Math pun selesai kami pun melanjutkan dengan belajar Science.

Kami belajar tentang “Machines” maksudnya kami mengeathui kalau kita mau membuat jucie kami memakai mesin apa? Kami akan memakai Blender dan ketika
belajar membaca untuk anak cara mengajar anak tk membaca
kami ingin mencuci baju kami menggunakan mesin cuci(washing machine) disini juga kami bermain game lagi, saya pilih 3 murid terlebih dahulu dan mereka harus mendengarkan apa yang saya ucap misalnya “If you want to sewing t-shirt, what machine you’re going to use?” dan mereka pun mencari dan mengatakan “Sewing machine” dan sesudah main game itu kami pun mengerjakan soal yang ada di buku Science tersebut yang tentang machine.

Sesudah mereka mengerjakannya semua kami pun bergegas untuk segera pulang dan jam pun menunjukkan pukul 12.00 kami pun membereskan semua buku dan pencils yang ada di atas meja. Kami pun berdoa bersama dan sesudah berdoa kami pun membuat barisan kembali seperti kereta api hehe
See you tomorrow my lovely kids….

No comments:

Post a Comment