Friday 5 June 2015

Usia Ideal bagi Anak untuk Mulai Sekolah



Anak-anak usia dini (2 hingga 5 tahun) sekarang ini banyak disekolahkan oleh orang tua mereka. Alasan utama para orang tua mengirimkan buah hatinya ke sekolah khusus adalah agar si anak dapat mulai belajar sejak dini. 
Tak sediit juga orang tua yang mengaku terlalu sibuk dengan pekerjaan mereka di kantor dan rasa khawatir yang berlebihan jika si kecil hanya ditemani oleh pengasuh di rumah. 

Para orang tua cenderung memilih sekolah khusus terbaik di Bogor menurut mereka dengan tujuan untuk menstimulasi kecerdasan, kemampuan motorik, dan kemampuan untuk bersosialisasi dengan baik bagi si anak.
Terdapat beberapa jenis sekolah khusus untuk anak-anak usia dini. Sebut saja salah satunya yaitu kelas toddler di mana setiap anak di kelas toddler ini akan ditangani oleh 2 orang yang berperan sebagai guru utama dan asisten guru. 

Para siswa di kelas toddler akan selalu didampingi oleh para guru dan asisten guru ketika beraktivitas di dalam maupun di dalam kelas. Kelas toddler umumnya berisi para siswa dengan rata-rata usia 2 tahun atau lebih.
Berbeda dengan kelas toddler,  playgroup dibuat sedikit kompleks dilihat dari aktivitasnya. Meskipun masih menjadikan bermain sebagai aktivitas utamanya, para guru playgroup di Bogor sedikit demi sedikit akan menyisipi nilai-nilai yang nantinya bermanfaat untuk para siswa. 

 baca juga:
Dengan demikian secara tidak langsung para siswa yang tak lain adalah anak-anak usia dini akan paham dengan nilai-nilai yang diajarkan. Nilai-nilai yang umumnya sudah mulai diberikan pada para siswa playgroup antara pengenalan konsep warna, pengenalan hitungan, verbal, dan nilai-nilai dasar lainnya.
Kelompok bermain adalah jenis sekolah khusus lainnya yang dibuat khusus untuk anak-anak usia dini. Kelompok bermain sekilas mirip dengan Taman Kanak-Kanak. Hanya saja aktivitasnya lebih ringan bila dibandingkan dengan TK. 
Di sini  anak-anak akan diajarkan konsep angka, huruf, dan benda-benda yang biasa dijumpai di lingkungan tempat tinggal mereka. 

Sebenarnya masih ada beberapa sekolah khusus lainnya yang diperuntukan untuk anak-anak usia dini. Sebut saja PAUD, Pre-school, dll.

No comments:

Post a Comment