Thursday 5 November 2015

Pelajaran agama untuk anak di James Pakuan School

kamus indonesia inggris kamus bahasa inggris indonesia translate indonesia ke inggris
Dayana E, penulis


Belajar agama di hari Rabu


Pada rabu pagi, seperti biasa sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar kita selalu melakukan circle time (baris berbaris sebelum masuk kelas), kita bernyanyi bersama, menari bersama, selama 30 menit lamanya.

Sesudah kami melakukan circle time, kita masuk ke kelas masing-masing. Nah, kebetulan di setiap hari rabu itu selalu ada pelajaran Religion dan saya mengajar di pelajaran Agama Islam.

Dikelas agama islam itu kami memiliki 6 murid yaitu Berwyn, Sabrina, Aldi, Mahesa, Divia dan Dzilzian. 6 murid itu bukan hanya dari Kindergarten-2 saja, ada yang dari Toddler, Playgroup, Kindergarten-1, Kindergarten-2 dan mereka sangat senang belajar membaca alquran


Hari ini saya mengajar tentang Rukun Islam, yang merupakan bagian dari belajar al quran
Saya cerita kepada murid-murid “Apa itu rukun islam” dan “Ada berapa rukun islam” ?
Kami bernyanyi bersama tentang rukun islam, sesudah kita bernyanyi bersama kita membuat pra-karya tentang rukun islam.

Sesudah pelajaran agama selesai kita kembali ke kelas masing-masing dan bergegas untuk makan, seperti biasanya kita mencuci tangan terlebih dahulu dan berdoa bersama-sama.

Dan menu makanan hari ini adalah nasi uduk, abon, kerupuk, dan kentang dikecapin hmmm…. Yummy dong pastinya???   Sampai murid-murid pada habis makannya dan piringnya pun bersih tidak ada sisa makanan hehehe.

Sesudah selesai makan murid-murid Toddler, Playgroup, Kindergarten1, Kindergarten2 diperbolehkan untuk bermain tetapi tidak boleh diluar dari lingkungan sekolah. Seteelah break time  usai kamipun  siap untuk belajar pelajaran selanjutnya, lalu kita belajar tentang Reading English.  

Cara belajar membaca bahasa Inggris untuk anak


Disini murid-murid diajarkan untuk membaca dalam pelajaran membaca Bahasa Inggris untuk anak. Kami belajar  bahasa inggris untuk anak tentang huruf awal dalam suatu kata (Beginning sound) seperti “Sp, Sl, Str” menggunakan flashcard(kartu) saya menjelaskan tentang gambarnya terlebih dahulu sesudah itu ditempellah flashcard ke gambar yang sesuai dengan huruf awalnya.

Sesudah mereka memahaminya, saya beri mereka activity yang ada di buku mereka dan sesudah mereka beres kita belajar bahasa inggris tentang “short i” setelah itu baru deh mereka mendapat giliran untuk belajar membaca bahasa inggris satu persatu ke meja saya.

Bagi beberapa murid-murid tidak menemukan kesulitan membaca dalam bahasa inggris  tetapi beberapa murid ada yang butuh untuk dilatih membaca dalam bahasa inggris lagi agar semakin lancar, mereka mempunyai semangat yang tinggi dan itu amat sangat di banggakan dan harus di dukung terus menerus dalam cara belajar bahasa inggris anak.

Sesudah itu kami bergegas untuk pulang seperti biasanya sebelum kami pulang kami selalu menyanyikan lagu Clean Up song dan berdo’a bersama-sama sebelum kita pulang dan berbaris panjang seperti kereta, sambil berbaris dan sambil bernyanyi GoodBye song bersama-sama dan sambil menyanyikannya.
See You Tomorrow J

No comments:

Post a Comment